oleh

Culltivator Bantuan Presiden Sangat Berguna Untuk Petani Di Seram Bagian Barat.

Suarapaparisa.com, Konsultan pengoperasian Culltivator Edison Wonata mengemukakan 20 buah Culltivator Bantuan Presiden Joko Widodo kepada petani di Maluku mulai membuahkan hasil bersama dengan Drs. Buce Rumlawang Konsultan Pengadaan, keduanya turun ke Kabupaten Seram Bagian Barat khususnya di desa Masika Jaya dan desa Taniwel SBB guna membantu para petani agar dapat memfungsikan Culltivator secara baik.

Culltivator Bantuan Presiden Sangat Berguna Untuk Petani Di Seram Bagian Barat.

Demikian disampaikan Edison Wonata didampingi Buce Rumlawang bertempat dihotel Amboina, Kamis 3 Juni 2021.

Keduanya akan berada di desa Masika jaya  melatih para petani, bagaimana caranya menghidupkan mesin Culltivator, sekaligus pengoperasiannya, dimana para petani berhasil membuka lahan seluas 6 hektar dengan menggunakan 1 Culltivator dan telah menanam anakan semangka dan kacang tanah, sedangkan di desa Niniari lahan yang dibuka 1,5 hektar mendapat 1 culltivator, para petani telah menanam jagung manis.

Dimana semua lahan tersebut dibongkar dan diratakan dengan Culltivator bantuan Presiden secara pribadi, khusus untuk Kabupaten SBB  mendapat 4 buah Culltivator, yang semuanya telah diserahkan kepada petani penggarap yang memiliki lahan,”jelasnya.

Menurut Edison Wonata, para petani sangat terbantu dengan adanaya Culltivator. Dia juga melihat secara langsung,dilapangan ada kelompok binaan pemerintah, namun tidak diperhatikan,misalkan ada  4 kelompok tani Niniari kota Piru binaan pemerintah, namun para kelompok tani ini tidak memiliki lahan. Wonata berharap dari Pemerintah melalui Dinas pertanian harus melihat dan bertanggung jawab untuk pemberdayaan para petani tersebut, karena ada anggarannya baik melalui APBD atau APBN, “ungkapnya.

Menurut Edison Wonata beberapa hari kedepan dirinya bersama konsultan pengadaan Buce Rumlawang beralih ke Kota Ambon guna membantu para petani guna melatih cara pengoperasian Culltivator tersebut dengan melibatkan konsultan pertanian, untuk kota Ambon sendiri, 1 Culltivator sudah beroperasi di desa Siwang, 3 petak lahan, 11 kelompok tani dan nantinya akan ditanam anakan jagung dan Sakata.

Pertengahan bulan Juni Edison Wonata dan Drs.Buce Rumlawang akan ke Maluku Tengah untuk hal yang sama dan desa yang dituju TNS, Waipia dan desa Sohoru.

Menurut Edison Wonata 20 culltivator bantuan pribadi Presiden sebagai pilot projeck untuk 11 kabupaten kota,sehingga pada gilirannya akan ada bantuan  penambahan Culltivator kepada para petani,”tutup Wonata. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed