oleh

SAH, Bupati dan Wakil Bupati Aru Dilantik, Ini Pesan Gubernur Maluku

Suarapaparisa.com. Dobo, Kepulauan Aru,-Setelah melalui proses yang panjang mulai dari proses Pilkada hingga menghadapi gugatan di Mahkama Kunstitusi (MK) dari kubu lawan, akhirnya pada hari ini Pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati Aru Nomor Urut 01, dr. Johan Gonga dan Muin Sogalrey, SE dengan Jargon “JOIN” secara resmi mengambil Sumpah/Janji dan dilantik oleh Gubernur Maluku mengatasnamakan Mentri Dalam Negeri di Lantai 7 Kantor Gubernur Provinsi Maluku, sebagai Bupati dan Wakil Bupati difitiv Kabupaten Kepulauan Aru masa bakti 2021-2026, Jumat (26/02/2021).

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Aru yang dilakukan bersamaan dengan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT) itu, didasarkan pada Surat Keputusan (SK) Mentri Dalam Negeri Nomor : 131.81-380 Tahun 2021 Tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2020 di Kabupaten pada Provinsi Maluku.

Gubernur Maluku, Drs. Murad Ismael dalam sambutanya mengatakan, selaku pimpinan daerah dirinya minta kepada kedua Bupati dan Wakil Bupati serta seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Seram Bagian Timur agar segerah melupakan masa-masa kompetisi dan persaingan politik yang terjadi selama ini, karena dengan adanya pelantikan yang telah dilaksanakan, maka berakhirlah seluruh rangkaian Pilkada yang berlangsung selama kurang lebih 6 bulan di kedua daerah.

Murad menegaskan kepada Bupati dan Wakil Bupati yang baru saja dilantik, wajib mengambil, merangkul dan mengikutsertakan seluruh potensi dan sumber daya daerah secara baik. Sebaliknya Beliau juga mengingatkan para pihak sebagai Stake Holder agar berkewajiban mendukung dan mensukseskan agenda-agenda kerja para pimpinan yang telah dipilih oleh mayoritas masyarakat.

Selain itu, Murad berpesan kepada Kedua Pasangan Bupati dan Wakil Bupati, bahwa yang pertama; saat ini kita semua masih berada dalam masa Pandemi Covid-19, sehingga dimintahkan seluruh program dan kegiatan di Bidang Kesehatan, terutama menyangkut Covid-19 harus benar-benar dikawal sehingga wabah ini dapat dikendalikan. Kendati demikian, aktifitas sosial masyarakat, perekonomian serta pembangunan daerah harus terus digerakan sesuai rencana.

Kedua; sebagai daerah yang terus berpacu dengan pembangunan, ada banyak Sumber Daya Alam (SDA) dan potensi daerah yang belum terkelolah, sehingga dirinya memintah adanya kerja keras yang sungguh-sungguh dari Bupati dan Wakil Bupati yang baru saja dilantik, agar mendorong roda perekonomian dengan mengupayahkan peningkatan PAD, mempermuda hadirnya infestasi yang membuka lapangan kerja baru, memperbanyak program Pemberdayaan Masyarakat, dan disaat yang sama, Rumah Sakit, Puskesmas harus mampu memberikan layanan kesehatan serta pentingnya membuka akses transportasi.

Ketiga; terkait dengan program strategi Provinsi Maluku, dalam hal ini Lumbung Ikan Nasional (LIN) dan Pelabuhan Ambon Inport maupun Blok Gas Alam Abadi Marsela akan segerah hadir di Maluku, maka Beliau mengajak Kedua Bupati dan Wakil Bupati untuk dapat memanfaatkan peluang ini agar generasi pemuda di Maluku turut terlibat aktif di dalamnya dan bukan menjadi penonton dirumahnya sendiri.

Yang keempat; Murad mengingatkan bahwa Bupati dan Wakil Bupati tidaklah bekerja sendiri, ada sejumlah institusi pemerintah, pihak Legislatif, Yudikatif dan Aparat Keamanan TNI-Polri maupun instasi swasta, ada pulah Ormas dan LSM serta rakyat awam yang menunggu hasil kerja Bupati dan Wakil Bupati yang baru saja dilantik. Oleh karena itu, Beliau mengajak para Kepala Daerah itu, agar membangun komunikasi, koordinasi dan kolaborasi yang efektif dengan semua pihak terkait dimaksud sehingga terciptanya kerja sama yang baik di Daerah.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Gubernur bepesan kepada para Bupati dan Wakil agar jangan hanya bisa bekerja secara baik dengan masyarakat maupun Stake Holder lain, tetapi Bupati dan Wakil Bupati juga harus menjalin hubungan kerja sama yang baik dan harmonis hingga akhir masa jabatan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed