oleh

Sidang Sengketa Lahan Lanudal Aru Dalam Tahap Pemeriksaan Saksi Ahli

Dobo, Kepulauan Aru,- Sengketa Lahan Pangkalan Udara TNI- AL (Lanudal) di Desa Marfenfen masih ada tahap-tahap persidangan di Pengadilan Negeri Kelas II Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru.

Sidang lanjutan kali ini yang berlangsung, Rabu (22/09/2021), dimulai dengan materi sidang pemeriksaan saksi ahli dari penggugat masyarakat adat Desa Marfenfen, Kecamatan Aru Selatan.

Saksi ahli penggugat yang diperiksa oleh pihak Pengadilan Negeri Kelas II Dobo adalah Dr. Jemi J. Pieters, SH. MH, Dosen Unpatti Ambon Ahli Tata Negara dan Administrasi Negara.

Hakim yang memimpin jalannya persidangan tersebur terdiri dari, Hakim Ketua Bukti Firmansyah, Hakim Anggota Enggar Wicaksono, S.H, Hakim Anggota, H. Eka Putravianto, dan Panitera Sidang Rosalina Y. Letelay.

Sedangkan pihak-pihak yang dihadirkan dalam persidangan tersebut adalah, Kadiskum Lantamal IX Ambon, i. f. Letkol Laut (KH) Halasan Sianturi M.H, Kasubdis Bankum, Kol. Laut (KH) Hendro L. M. H, Kuasa Hukum Tergugat II, Resna Hukom, Subtitusi KH Tergugat III, Staf BPN Kepepulauan Aru Brevelin Laukon, Kuasa Hukum Penggugat Semuel Waileruny, Danlanal Kepulauan Aru Letkol Laut Choirur Roziqin, dan Massa pendukung Penggugat sebanyak 10 orang.

Dalam persidangan tersebut, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kelas II Dobo menerima bukti surat tambahan dari Penggugat, yaitu P.50 dan bukti surat Tergugat I yaitu T1.12, 13,14,15.

Pada setiap kali Persidangan berlangsung, Masyarakat Adat Desa Marfenfen maupun gabungan dari ratusan Masyarakat Adat Aru melakukan ritwal adat Tambaroro dengan menggunakan simbol-simbol pakaian adat perang melawan ketidak adilan (ikat kain berang di kepala) di depan Kantor Pengadilan Negeri Kelas II Dobo.

Aksi-aksi masyarakat adat ini dilakukan sebagai dukungan kepada Masyarakat Adat di Desa Marfenfen, sekaligus sebagai permintaan kebijakan negara untuk mengembalikan Tanah Adat Masyarakat Marfenfen kepada pemiliknya.

Selanjutnya Sidang Pemeriksaan Saksi Ahli Penggugat di Scors sampai dengan hari Rabu Tanggal 29 September 2021, Pukul 11.00 WIT, dengan agenda Sidang menghadirkan saksi fakta dan saksi ahli dari penggugat I.(Tim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed