oleh

Widya Murad Lantik Pengurus DEKRANASDA Aru, Ini Harapan Bupati Gonga

Dobo, Kepulauan Aru,- Ketua Dekranasda Provinsi Maluku, Ibu Widya Pratiwi Murad Ismael saat berkunjung di Kabupaten Kepulauan Aru, melantik Pengurus Dewan kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Kepulauan Aru, bertempat di Lantai 2 Kantor BPKAD Kabupaten Kepulauan Aru, Selasa (21/092021).

Ketua Dekranasda Provinsi Maluku, Widya Murad Ismael dalam sambutannya mengatakan pembinaan dan pengembang industri kerajinan di Kabupaten Kepulauan Aru harus terus ditingkatkan sehingga nilai tambah ekonomis bagi penciptaan iklim usaha, penyerapan tenaga kerja produktif, dan infestasi, yang diharpkan dapat bermanfaat bagi kesetjatraan hidup pelaku industri kerajinan.

Momen pelantikan pengurus Dekranasda Kabupaten Kepulauan Aru, menurut Widya Murat, dapat dijadikan motifasi dan inspirasi kepada para pelaku industri kerajinan untuk terus meningkatkan produktivitas kerja, terutama dalam menghadapi persaingan global yang sangat kompetitif.

“Pada kesempatan ini pula saya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah provinsi Maluku Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru yang telah memberikan perhatiannya kepada Dekranasda,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Kepulauan Aru dr. Johan Gonga dalam sambutannya mengatakan, Dekranas adalah organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang mana sebagian besar dari mereka merupakan Kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dunia kerajinan, lanjut Gonga, merupakan salah satu model usaha ekonomi yang memberikan dampak positif bagi dunia perekonomian, memberikan ruang dan akses bagi setiap produk kerajinan lokal maupun nasional untuk di pasarkan.

“Perkembangan Kerajinan masyarakat mendapat peluang, subur bertumbuh dengan pesat, sehubungan dengan pemanfaatan Iptek yang dengan mudah mengakses seluruh potensi masyarakat yang berwira usaha secara mandiri dan kelompok,” Jelas Gonga.

Dikatakan, Kabupaten Kepulauan Aru memiliki nilai historis, sosial budaya dan nilai ekonomis, sehingga ini menjadi tugas Dekranasda Kabupaten Kepulauan Aru untuk melestarikan nilai-nilai tersebut dan terus memberdayakan para pengrajin lokal.

“Saya berharap Ketua Dekranasda Kabupaten Kepulauan Aru dan Pengurus yang baru dilantik, dapat bekerja keras mengupayahkan strategi perencanaan, identifikasi dan pembinaan sumber-sumber kerajinan masyarakat yang dapat dibina dan dikembangkan menjadi Usaha Ekonomi Mikro, sehingga dapat menunjang perekonomian keluarga dan masyarakat yang lebih baik,” harap Gonga.

Bupati dua periode ini mengajak pengurus yang baru dilantik untuk menjadikan Dekranasda sebagai lembaga kredibel yang produk kerajinannya mampu menguasai dunia untuk menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya bangsa.

Selain itu, mampu membina penemuan dan penggunaan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas dalam rangka memperkukuh jati diri budaya bangsa.

“Mari berkolaborasi dengan pemerintah daerah, merumuskan kebijakan pemerintah di bidang industri kerajinan dan program peningkatan kualitas sumber daya manusia dan memperluas pasar hasil kerajinan di Kabupaten Kepulauan Aru yang kita cintai bersama,” ajak Gonga.(Nus.M).

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed