oleh

BUKA PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI, SEKDA HARAP PESERTA DAPAT MENJADI ENTREPRENEUR BARU

SUARAPAPARISA.COM, Ambon – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Ambon pada Jumat (16/02/2024) menggelar acara Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Boarding dan Non Boarding Batch I Tahun 2024, yang bertempat di Ruang Serbaguna BPVP Ambon.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali Ie, M.Si IPU, yang dihadiri juga oleh Kabinda Provinsi Maluku, Kepala BPVP Ambon, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Kota Ambon, Perwakilan SMK Negeri 1 Maluku Tengah, Perwakilan Swiss Bel Hotel, beserta unsur terkait lainnya.

Dalam sambutannya Sekda menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada BPVP Ambon yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, dalan rangka meningkatkan dan mengembangkann keterampilan dan keahlian tenaga kerja yang terampil, kompetitif, dan profesional.

“Penyelenggaraan pelatihan berbasis kompetensi ini, saya nilai sangat penting dan strategis dalam rangka pengembangan ekonomi yang berbasis pada kebutuhan pasar kerja yang makin dinamis dan berkembang” Ungkapnya.

Ia mengatakan Tenaga kerja yang kompeten, tidak hanya mempunyai skill semata, tetapi juga memiliki sikap mental dalam bekerja.

“Jika hard skill adalah kemampuan dan keterampilan bekerja, maka soft skill adalah sikap kerja yang baik, disiplin dan semangat, atau termotivasi untuk maju, apalagi menghadapi bonus demografi mendatang.” Jelas Sadali.

Sadali mengatakan bahwa kita perlu mempersiapkan keahlian dan keterampilan kepada tenaga kerja usia produktif yang memiliki energi besar, agar mampu menghadapi tantangan dan kompetensi di pasar kerja.

“Saya berharap pelatihan ini dapat meningkatkan keterpaduan dan Kerjasama antar instansi terkait, lembaga Pendidikan, vokasi dan lembaga pelatihan kerja, serta meningkatkan koordinasi, sinkronisasi dan sinergitas pelaksanaan program dan kegiatan, pengembangan keterampilan tenaga kerja yang kompetitif di maluku” Harap Sekda.

Menutup sambutan, dirinya berharap agar peserta pelatihan bisa menjadi entrepreneur baru yang dapat membuka lapangan kerja.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Kerja Sama antar SMK Negeri 1 Maluku Tengah dengan pihak Swiss Bel Hotel Ambon, yang disaksikan oleh Sekretaris Daerah Maluku. (Diskominfo Maluku)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed