oleh

Kapolres Pulau Buru Pimpin Gelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pemilu 2024

SUARAPAPARISA.COM, Polres Pulau Buru menggelar Apel Pergeseran Pasukan dalam Rangka Pengamanan TPS Tahap Pungut dan Hitung Suara Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2024. Berlansung di Lapangan apel Polres Buru. Minggu (11/2/2024).

Apel Pergeseran Pengamanan TPS diikuti oleh personil TNI/Polri, Bawaslu, KPU, Kesbangpol, Basarnas, Satpol PP, Lapas Kelas III Namlea dan. Kejari Namlea.

Saat memberikan sambutan, Kapolres pulau Buru, AKBP. Nur Rahman S.I.K, M.M mengatakan, apel kesiapan pergeseran pasukan pengamanan TPS merupakan pengecekan terakhir dalam rangka persiapan personil maupun kesiapan perlengkapan lainnya sehingga pengamanan TPS dalam rangka Operasi Mantap Brata Salawaku 2023-2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Selanjutnya Kapolres sampaikan, beberapa hari lagi Rakyat Indonesia akan menentukan pilihannya masing – masing
Jajaran Polres akan mengawal proses Demokrasi pemilihan wakil rakyat hingga proses pelantikan

” Melihat pentingnya hal tersebut maka diharapkan seluruh komponen Bangsa harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan pengamanan pada pungut suara yang akan kita laksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 ” pinta Kapolres.

Kapolres membeberkan pula jumlah Tempat Pemungutan Suara ( TPS ) di Kabupaten Buru. Ada 420 TPS yang tersebar pada 10 Kecamatan yakni, Kecamatan Namlea sebanyai 98 TPS, Kecamatan Lilialy 31 TPS, Kecamatan Waplau 37 TPS, Kecamatan Airbuaya 38 TPS, Kecamatan Fenaleisa 47 TPS, Kecamatan Waeapo 36 TPS, Kecamatan Lolongguba 44 TPS, Kecamatan Waelata 47 TPS, Kecamatan Teluk Kaiely 14 TPS dan Kecamatan Batabual ada 28 TPS.

Disebutkan pula, dalam kegiatan pengamanan ada katagori TPS kurang rawan, rawan dan sangat rawan.

“Dalam kegiatan pengamanan kita klarifikasikan ada daerah yang kurang rawan yakni 200 TPS, yang rawan ada 22 TPS dan sangat rawan ada 18 TPS ” sebutnya

Polres Pulau Buru juga menyiapkan khusus untuk pengamanan TPS sebesar 288 personil yang terdiri dari 188 personil dari Polres dan Polsek sedangkan 100 personel nantinya ada BKO dari Polda Maluku

Disamping itu lanjut Kapolres, juga menyiapkan personel cadangan yaitu dari personil Brimob yang ditempatkan di Polsek-Polsek, juga dari Samapta yang juga ditempatkan di Polsek-Polsek yang ada di jajaran Polres Pulau Buru.

Dengan demikian lanjutnya, kekuatan-kekuatan yang ada diharapkan nanti bisa membackup semua kegiatan khususnya di dalam tahap perhitungan suara.

Pada kesempatan gelar apel tersebut, Kapolres memberikan Beberapa penekanan penting kepada seluruh Personil antara lain

a. Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Esa.

b. Pastikan kesiapan kelengkapan pribadi sarana prasarana yang sudah dibagikan oleh institusi Polri kemudian fasilitas pendukung lainnya sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas pada saat pengamanan TPS.

c. Laksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis dan profesional laksanakan sesuai dengan SOP yang ada guna menjamin keselamatan diri sendiri maupun keselamatan masyarakat .

d. Kedepankan komunikasi publik dan upaya koordinasi agar masyarakat mau berpartisipasi.

e. Tingkatkan koordinasi dengan stakeholder Lainnya sehingga hal tersebut menjadi kunci utama keberhasilan pelaksanaan pengamanan TPS di wilayah masing-masing.

f. Pedomani buku panduan pengamanan TPS yang telah diberikan sehingga di dalam pelaksanaan tugas dapat dijadikan acuan dalam bertindak di lapangan.

Turut hadir pada acara itu yaitu,
Kapolres P. Buru AKBP Nur Rahman S.I.K., M.M,
Dandim 1506 Namlea Letkol Arhanud Agus Nur Pujianto, S.IP., M.Han, Danyon A Pelopor Sat Brimob Polda Maluku Kompol Denny Sandera, S.H., S.I.K.,M.H, Wakapolres Pulau Buru H. Akmil Djapa, S.Ag, Kabag Ops Polres Pulau Buru AKP Uspril Futwembun, S. Sos., M.H, Danki Brimob Yon A Pelopor AKP Markus E. Mesdilla.
Danki Kabaresi Lettu Inf. A.H. Nasution
PJU Polres Pulau Buru, Danlapter Namlea Letda Pom Winarno, Ba Idik Subdenpom XVI/2-2 Namlea Peltu Dedy Kusuma Wibawa .
Ketua Bawaslu Kabupaten Buru Fatih Haris Thalib, S.Sos., M.Pa, Ketua KPU Kabupaten Buru Munir Soamole, S.H, Kepala Kesbangpol Abd. Basir Toisuta, S.Sos, Kepala Basarnar Namlea.
Kepala Satop PP Mansur Mamulaty, Kepala Lapas Kelas III Namlea Ilham, S.H. dan
Perwakilan Kejari Buru Kasi Intelijen Gustian Winanda, S.H. (*

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed