oleh

KTT ASEAN ke – 42 di Labuan Bajo NTT, Pintu Gerbang Kejayaan Indonesia sebagai Barometer Kekuatan utama ASEAN

Suarapaparisa.com, Menjadi tuan rumah Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Association of Southeast Asian Nation Summit (KTT ASEAN) ke – 42, yang dilaksanakan di Labuan Bajo, Manggarai NTT, pada tanggal 8 – 11 Mei 2023, merupakan kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebab KTT ASEAN, adalah kesempatan emas bagi Indonesia dalam memajukan perekonomian dan kebudayan nasional maupun di kawasan ASEAN. Tahun 2023, Indonesia kembali di dapuk untuk memegang ketentuan ASEAN dengan tema *ASEAN Matters: Epicentrum of Growth*, Indonesia berkomitmen penuh untuk menjadikan ASEAN tetap penting dan relevan bagi masyarakat ASEAN dan Dunia.

*Ada beberapa hal penting yang mohon kiranya dapat dipertimbangkan oleh Pemerintah atl :*

1. KTT ASEAN, menjadi pintu masuk terjalinnya kerjasama antara ASEAN dan Pacific Islands PIF. Indonesia dapat memberi warna dan kontribusi baru dalam pembangunan dan penguatan kerjasama di bidang ekonomi, pertahanan dan keamanan di kawasan Asia-Pasifik melalui Forum for Development NKRI-Pacific. Kerjasama tersebut dapat di mediasi oleh pihak Australia dan beberapa negara pasifik lainnya PIF.

2. Sebagaimana KTT ASEAN pertama kali diadakan di Bali Indonesia pada tahun 1976 yang menghasilkan kesepakatan pembentukan sekretariat ASEAN pertama di Jakarta menandakan bahwa kehadiran Indonesia di ASEAN sebagai penentu arah masa depan negara² di kawasan Asia, dan KTT ASEAN ke-9, pada tahun 2003 di Bali Indonesia yang menghasilkan pembentukan komunitas ASEAN (ASEAN Community). KTT ASEAN, merupakan kesempatan emas bagi Indonesia dalam pengembangan digitalisasi dalam menopang pertumbuhan ekonomi.

3. KTT ASEAN ke – 42, harus ada konsensus / komitmen bersama terkait ciri dan corak khas keragaman budaya setiap negara di kawasan ASEAN demi terciptanya keaslian dan hak cipta budaya setiap negara di kawasan ASEAN.

4. ASEAN menjadi lumbung utama perekonomian dunia dengan perhatian khusus pada digitalisasi teknologi dan pencapaian dari berbagai hasil pertanian.

5. ASEAN menjadi lumbung utama hasil kelautan dan perikanan dengan perhatian khusus pada budidaya hasil laut berbasis teknologi ramah lingkungan.

6. Indonesia mencetuskan sejarah baru melalui Festival keragaman budaya se-ASEAN, (Cultural Festivals and Event in Indonesian 2025) dll, dimana Indonesia menjadi tuan rumah untuk pertama ajang di tersebut.

7. KTT ASEAN sebagai peluang untuk membuka kran kerjasama di bidang Investasi.

8. Seruan khusus untuk penerapan dan oengembangan potensi EBT yang ramah lingkungan bagi seluruh negara² ASEAN.

Akhirnya; ASEAN hendaknya menjadi pintu gerbang kedigdayaan bumi Nusantara. Selamat dan sukses atas perhelatan KTT ASEAN ke – 42 di Labuan Bajo, Manggarai NTT. Mari bersama, kita dukung pemerintah dengan tetap menjaga tali silaturahmi dan kedamaian selama perhelatan ajang KTT ASEAN berlangsung, dengan situasi kambtibmas yang kondusif.
🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩

Militan Muda Indonesia,
Andy S Komber 🙏🏼🇮🇩

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed