oleh

WUJUD KEPEDULIAN SOSIAL, DANLANTAMAL IX TERJUNKAN PERSONEL IKUTI BAKSOS DONOR DARAH SAMBUT HUT KE-77 TNI

Suarapaparisa.com, TNI Angkatan Laut. Dalam rangka menyambut peringatan HUT Ke-77 TNI Tahun 2022, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., mengerahkan personelnya untuk mengikuti kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan berupa donor darah yang diikuti oleh gabungan personel TNI serta undangan dari personel Polri serta masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya. Kegiatan ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Ambon, bertempat di Lantai 1 Mall Ambon City Center (ACC), Passo, Sirimau, kota Ambon. Jumat (23/09/2022)

Kegiatan ini juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-77 TNI Tahun 2022 yang peringatan puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2022 mendatang. Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., dalam kesempatan berbeda menyampaikan bahwa darah adalah emas merah pada saat menyelamatkan hidup orang yang membutuhkan, selain itu juga dapat merangsang terjadinya proses peremajaan sel-sel darah.

“Darah itu ibarat emas merah pada saat menyelamatkan hidup orang yang membutuhkan. Selain itu juga, setelah mendonorkan darah hal ini justru baik, karena akan merangsang produksi sel-sel darah baru dan pada gilirannya membantu dalam menjaga kesehatan yang baik”, tutur Brigjen Said Latuconsina.

Lebih lanjut, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian sosial dan rasa solidaritas segenap anggota TNI serta Polri dan masyarakat dalam membantu warga yang membutuhkan bantuan tambahan darah melalui PMI kota Ambon.

“Selain tugas Operasi Militer Perang (OMP), TNI juga memiliki tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang tertuang dalam UU No. 34 tahun 2004 tentang TNI. Dimana pelaksanaan Bhaksos donor darah ini merupakan salah satu tugas OMSP dari TNI yaitu pemberian bantuan kemanusiaan”, tambah Danlantamal IX.

Kegiatan donor darah yang diikuti oleh Prajurit jajaran Lantamal IX Ambon ini juga sebagai tindak lanjut Perintah Harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, tentang menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, Bangsa dan Negara.

Brigjen Said Latuconsina juga berharap, melalui bhaksos tersebut dapat membantu masyarakat Maluku yang membutuhkan darah serta untuk memenuhi ketersediaan stok darah di unit transfusi darah PMI Cabang Ambon.

“Kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan, selain itu prajurit TNI khususnya Lantamal IX Ambon selalu siap setiap saat jadi pendonor karena itu merupakan bentuk wujud bhakti kepada Bangsa dan Negara”, tegas Brigjen Said Latuconsina.

Sekitar 200 orang dari anggota gabungan TNI, Polri dan masyarakat yang menjadi pendonor saat kegiatan berlangsung. (Dispen Lantamal IX)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed